Sunday, December 19, 2010

NYAMPLUNG Sumber Energi Biofuel

,
Krisis energi dunia yang terjadi pada dekade terakhir telah mendorong pengembangan energi alternatif (biofuel) yang berasal dari sumberdaya energi terbarukan (renewable resources). Untuk mendorong pengembangan energi alternatif ini, pemerintah telah mengeluarkan Kebijakan Energi Nasional yang di antaranya menetapkan target produksi biofuel pada tahun 2025 sebesar 5% dari total kebutuhan energi minyak Nasional.

Nyamplung (Calophyllum inophyllum) merupakan salah satu jenis tanaman pohon hutan yang potensial sebagai sumber energi terbarukan (biofuel). Bagian tanaman Nyamplung yang dimanfaatkan sebagai bahan baku biofuel adalah biji yang mempunyai rendemen tinggi (bisa mencapai 74%) dan dalam pemanfaatannya tidak berkompetisi dengan kepentingan pangan. Produktivitas biji Nyamplung cukup tinggi yaitu 20 ton/ha/masa panen.
Kelebihan Nyamplung lainnya, di antaranya :
a. Tanaman Nyamplung tumbuh dan tersebar merata secara alami hampir di seluruh daerah di Indonesia terutama pada daerah pesisir pantai, regenerasi mudah dan berbuah sepanjang tahun menunjukkan daya survival yang tinggi terhadap lingkungan.

b. Tanaman relatif mudah dibudidayakan baik tanaman sejenis atau hutan campuran.

c. Cocok di daerah beriklim kering, pemudaan alami banyak, dan berbuah sepanjang tahun.

d. Hampir seluruh bagian tanaman Nyamplung berdayaguna dan menghasilkan bermacam produk yang memiliki nilai ekonomi.

e. Tegakan hutan Nyamplung berfungsi sebagai wind breaker/perlindungan untuk tanaman pertanian dan konservasi sempadan pantai.

f. Pemanfaatan biofuel Nyamplung dapat menekan laju penebangan pohon hutan sebagai kayu bakar.

BUDIDAYA NYAMPLUNG
a. Pembibitan
Nyamplung dapat diperbanyak secara generatif (biji) dan vegetatif (stek batang/kultur jaringan). Pembibitan secara generatif dilakukan dengan menggunakan benih yang telah masak secara fisiologis dengan beberapa cara antara lain, rendam jemur, meretakkan tempurung benih atau melepaskan tempurung.

ARTIKEL EKONOMI

THL TBPP KERINCI

Visit Kerinci

 

BP3K KECAMATAN DEPATI VII Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates